Pengecatan merupakan pekerjaan yang dilakukan setelah dinding dilapisi dengan acian. menghitung kebutuhan cat yang tepat akan membantu anda untuk proses selanjutnya. Dinding akan terlihat indah jika cat yang digunakan mempunyai kualitas yang baik. hal ini akan menambah kepuasan pemilik rumah. pada artikel sebelumnya cara Menghitung kebutuhan semen pada acian telah dijelaskan bahwa pekerjaan pengecatan dilakukan setelah dilakukan pekerjaan acian. Bagi anda yang akan melakukan pengecatan tentu ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu yaitu.

  1. Rencana pilihan warna. Hal ini disesuaikan dengan selera anda yang dapat meningkatkan kenyamanan saat tinggal di rumah dan bisa memacu produktivitas.
  2. Kenali merk cat. Ada beberapa jenis cat yang bisa menjadi pilihan. tentu harus memilih yang berkualitas baik sesuai dengan budget yang dimiliki.
  3. Hitung luas area yang akan dilakukan pengecatan. misalkan dinding dan plafond
  4. Hitung kebutuhan cat untuk luas area yang sudah dihitung.
  5. Mengetahui teknik pelaksanaan yang baik
Pada kemasan cat biasanya sdah tercantum data-data tentang daya sebar untuk 1 x lapis. Untuk hasil pengecatan yang baik biasanya dilakukan 2 x lapis. berikut contoh perhitugan yang mudah. 

Contoh perhitungan kebutuhan cat rumah

Sebuah ruangan  dengan ukuran 4 x 3 m dengan tinggi dinding 3 m. Akan dicat dengan Danabrite dua kali lapis pada tiap sisi. sedangkan yang dicat sisi luar dan dalam.
Luas dinding =(2 x 3 x (4+3)) x 2 sisi  = 84 m2
Luas plafond = 4 x3 = 12 m2
Luas pintu dan jendela = (1 x2)+ (1 x1) = 3 m2
Total luas = 12 + 84 – 3 = 93 m2
Daya sebar per satu lapis = 12 m2/ liter
kebuhan cat = Luas total/daya sebar = 93/12 = 7,75 liter / lapis
dilakukakan pengecatan 2 lapis maka kebutuhan = 7,75 x 2 = 15,5 liter
Berat jenis cat = 1,4 kg/liter
kebutuhan cat dalam satuan kg = 15,5 x 1,4 = 21,7 kg.
Kebutuhan dalam kaleng = 21,7 / 5 = 5 buah kaleng ukuran 5 kg.

Apabila anda ingin mengkonversi kedalam galon berarti 1 galon = 5 kg cat. Artinya hasil perhitungan di atas anda memerlukan 5 galon cat. Perlu diketahui bahwa pada proses pegecatan dinding rumah atau plafond perlu ditambahkan air sebanyak 5-25%. Hal ini dilakukan agar mendapatkan ketebalan yang sempurna. Mudah bukan? Langkah selanjutnya untk mengetahui teknik pengecatan yang baik baca artikel ini.
Jumlah kebutuhan cat sangat tergantung dari luas dinding. Dengan menghitung jumlah kebutuhan cat kita bisa meminimalisir keborosan dan kekurangan bahan pada saat proses pelaksanaan. Tidak hanya ada kaitannya dengan luas dinding namun pelaksanaannya pun akan berpengaruh pada anggaran yang dikeluarkan. Inilah pentingnya manajemen proyek. Kita bisa merencanakan segala sesuatu dengan baik khususnya dalam menghitung kebutuhan material rumah kita. Apabila volume cat sudah dihitung maka harus mengetahui update harga cat terbaru bulan ini untuk mengetahui kebutuhan biaya yang akan dikeluarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: